Sekilas ‘Abon’

1
Abon Ayam Asli

Abon adalah makanan olahan dari daging (ayam, sapi, lele) yang digoreng kering. Daging yang disuwir – suwir dicampurkan dengan bumbu – bumbu seperti bawang merah, bawang putih, gula, garam dan rempah – rempah kemudian digoreng dengan minyak banyak. Setelah matang akan berwarna kuning kemerahan kemudian di spinner untuk menghilangkan minyaknya.

Abon biasa digunakan sebagai alternatif lauk ketika bepergian karena praktis dan rasanya enak. Abon juga merupakan makanan yang bergizi tinggi dan baik dikonsumsi oleh setiap golongan usia mulai dari balita hingga lansia. Abon juga dapat digunakan untuk lauk bagi orang sakit karena teksturnya yang lembut. Bagi orang yang bosan dengan lauk sehari – hari, abon juga dapat dijadikan sebagai lauk alternatif ataupun sebagai tambahan selera makan.

Abon yang memiliki nilai gizi tinggi adalah abon ASLI, tanpa campuran bahan baku lainnya. Di pasar, sering dijumpai abon ‘oplosan’ antara daging ayam/sapi dicampur dengan kluwih ataupun bahan lainnya yang sejenis. Hal ini digunakan untuk membuat harga abon menjadi lebih murah di pasaran. Harga abon ‘oplosan’ hanya ½ kali abon asli. Abon ‘oplosan’ tentu ikut andil membuat persepsi masyarakat yang beranggapan bahwa “abon itu tidak enak”. Padahal abon ASLI memiliki rasa yang enak dan bergizi tinggi yang sangat baik untuk balita dan anak – anak.

Tips memilih abon asli dan ‘oplosan’ dapat dilihat dari kemasan dan harganya. Untuk harga abon asli bisa bervariasi tapi tidak akan jauh berbeda antara merek satu dengan lainnya. Misalnya harga abon sapi ASLI berkisar Rp350.000,00 – Rp450.000,00 per kg nya atau apabila kemasan 50 gr dapat dijual seharga Rp25.000,00 – Rp35.000,00. Apabila ditemukan kemasan abon sapi kemasan 100gr yang dibandrol dibawah Rp10.000,00/bungkus sudah dapat dipastikan abon tersebut ‘oplosan’ dan wajib dihindari karena tidak memiliki nilai gizi dan tidak dianjurkan dikonsumsi. Dari kemasan juga dapat dibedakan dimana abon ASLI memiliki kemasan yang lebih mumpuni dan memiliki ijin dari Dinas Kesehatan.

Akan lebih menyehatkan lagi apabila abon diproses TANPA MSG (Penyedap Rasa), TANPA PENGAWET, TANPA PEWARNA dan TANPA PEMANIS BUATAN. Dengan daging asli 100% dan perpaduan bumbu – bumbu yang tepat akan membuat abon terasa enak meskipun tanpa zat berbahaya (MSG).

Dalam hal ini, abon ABWEN adalah pilihan yang tepat bagi anda karena ASLI 100% dan diproses TANPA MSG (Penyedap Rasa), TANPA PENGAWET, TANPA PEWARNA dan TANPA PEMANIS BUATAN. Dijamin rasanya enak dan bergizi. Selamat Mencoba!!!

Kemasan Abon ABWEN
https://abwen.wordpress.com/
Iklan

Satu tanggapan untuk “Sekilas ‘Abon’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s